Senin, 05 September 2011

Alasan Lain Mengucapkan Berkat Setelah Bersin?

Biasanya setelah bersin, banyak orang meminta berkat Tuhan dalam berbagai cara. Seperti diketahui berkat yang diucapkan karena (secara medis), jika kita bersin, jantung kita akan berhenti sepersekian detik. Jantung akan berhenti sejenak saat kita bersin dan akan bedegup kembali lama waktu yang sangat singkat sekali. Berkat itu dilafalkan karena jantung kita boleh berdegup lagi dan kita masih diberi  nafas kehidupan oleh-Nya.

Pertamanya sebelum perkembangan ilmu kesehatan, bersin dianggap kebanyakan orang sebagai hal menuju ambang kematian. Zaman dulu sebelum ditemukannya antibiotik, flu merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan bersin merupakan tahap pra-flu. Berkat itu disampaikan dengan mengucapkan "God Bless You" sesaat setelah bersin terjadi dan semoga hidung kita selalu sehat dan jangan sampai membawa kematian bagi yang dihinggapinya. Sampai saat inipun, negara-negara yang tidak beriklim tropis tetap mengganggap flu sebagai penyakit menular yang berbahaya. Tidak ada obat yang dapat mematikan virus ini kecuali daya tahan tubuh kita sendiri.

Kata "God Bless You" sendiri sebenarnya berasal dari ekspresi orang Jerman yaitu gesundheit yang berarti "good health" (dalam bahasa Inggris). Ini yang belum diketahui kenapa Gesundheit dapat berubah menjadi God Bless You. Ada yang tahu ?   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar