Selasa, 31 Mei 2011

Menurut Tour Guide ...

Pertama kali melancong ke negera tetangga, Singapura, bersama teman-teman kantor, kami menggunakan jasa biro perjalanan. Maklum katanya negara ini sangat teratur sehingga yang tidak mau diatur akan kena sanksi yang berat. Jika modal di dompet minimal, jangan coba-coba melanggar aturan, yang ada kita tidak bisa kembali ke tanah air oleh karena kehabisan uang hanya untuk membayar denda.

Pertama kali melancong di tahun, kami dibantu oleh seorang pemandu wisata dari Malaysia. Setiap ada sesuatu beliau langsung menjelaskan dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih. Tapi aku yakin tidak semua kolegaku menyimak dengan seksama penjelasan beliau. Terkadang aku pun tidak menyimak beliau karena aku pikir sangat sayang waktuku dibuang di Singapura hanya untuk mendengarkan penjelasannya. Lebih baik aku segarkan mataku dari kesemrawutan Indonesia dengan keteraturan dan kecanggihan Singapura.

Meskipun lebih banyak tidak menyimaknya, paling tidak sampai sekarang ada beberapa penjelasan yang cukup logis yang masih kuingat. Sewaktu melintas di Orchard Road, beliau bertanya "apa bedanya 'road' dengan 'street'?". Kebanyakan dari kami lebih asyik menyaksikan puluhan tempat perbelanjaan di sepanjang Orchard Road dibanding pertanyaan beliau. Aku pun tidak tahu apa jawaban. Beliau langsung menjawab apa perbedaannya. Kalau "road" itu lebih besar daripada "street". Jalur "street" biasanya hanya 1 -2 jalur untuk masing-masing arah. Sering mendengar "Orchard Road" or "Bugis Street". Memang cukup logis penjelasan beliau dan sewaktu kulihat ke jendela, jalur di Orchard Road lebih dari 2 jalur. Tapi aku teringat dengan album The Beatles yang mengambarkan suasana Abbey Road. Jalurnya cuma 2 tapi kenapa disebut "road"?

Selain mengetahui perbedaan "road" dan "street" dari beliau, aku juga mengetahui perbedaan "apartemen" dengan "kondominium" dari beliau sewaktu kami hendak menuju Mount Fiber. Menurut beliau, "apartemen" umumnya tidak menggunakan balkon (teras terbuka) sedangkan "kondominium" memiliki balkon. "Apartemen" biasanya untuk golongan menegah ke bawah dan biasanya memiliki ruang terbuka di lantai dasar yang dapat dipergunakan tempat sosial seperti food court atau ruang resepsi. "Kondominium" biasanya diperuntukan golongan menengah ke atas dan biasanya lantai dasarnya untuk fasilitas umum yang lebih modern seperti shopping centre atau gym.

Terkadang kita asyik sendiri dengan diri kita dan melupakan hal-hal kecil yang mungkin bermanfaat bagi kita. Bagiku sekecil apapun pengetahuan pasti ada gunanya. Thank You my first tour guide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar