Minggu, 10 Juli 2011

Pemikiran Jauh Singapura

Membaca bahwa beberapa jalan di Singapura dibuat tidak menggunakan pembatas jalan untuk dipergunakan sebagai landasan pesawat jika terjadi perang, saya jadi teringat fungsi lain dari pembangunan Mass Rapid Transit di Singapura.
Mass Rapid Transit atau MRT seyogyanya dipergunakan sebagai sarana transportasi massal yang sangat berguna mengurangi kemacetan dan polusi sebagai efek penggunaan kendaraan pribadi. Stasiun bawah tanah pun dibangun dengan begitu kokohnya sehingga kita pun tidak berasa aman dan nyaman meskipun berada di dalam tanah.


Keamanan dan kenyamanan ini ternyata ada maksud yang luar biasa. Pemikiran yang sangat antisipatif fan jauh ke depan. Ternyata platform dan stasiun bawah tanah ini dirancang sebagai bunker perlindungan bagi masyarakat Singapura jika terjadi perang. Tentunya jika membuat tempat berlindung harus kokoh dan kuat terhadap gempuran senjata.

Sungguh pemikiran yang jauh ke depan. Orang Indonesia hanya berpikir sampai 5 tahun ke depan untuk Pemilu tapi tetangga kita telah berpikir 50 tahun ke depan untuk melindungi warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar